Tag

pROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran atau latihan bagi pernannya di masa yang akan datang. Pendidikan mempunyai posisi strategis dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia. Posisi yang strategis tersebut dapat tercapai apabila pendidikan yang dilaksanakan mempunyai kualitas.
Kualitas pendidikan dapat diketahui dari dua hal, yaitu : kualitas proses dan produk (Sudjana, 2000:35). Suatu pendidikan dikatakan berkualitas proses apabila proses belajar mengajar (PBM) dapat berlangsung secara efektif dan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang bermakna. Pendidikan disebut berkualitas produk apabila peserta didik menunjukkan tingkat penguasaan yang tinggi terhadap tugas-tugas belajar sesuai dengan sasaran dan tujuan pendidikan. Hal ini dilihat pada hasil belajar yang dinyatakan dalam proses akademik Kemampuan guru dalam mengajar banyak berpengaruh terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan, artinya keterlibatan guru secara langsung dalam proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan proses pendidikan. Dalam menyajikan materi pelajaran dapat digunakan pendekatan dan metode yang dapat memudahkan siswa dalam belajar.
Salah satu contoh dalam menyajikan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat digunakan metode demonstrasi. Seorang guru diharapkan dapat menyajikan meteri dengan menggunakan metode demonstrasi yang dapat membantu proses belajar mengajar di kelas agar penyampaian materi lebih mudah diserap oleh siswa. Namun, tidak banyak guru yang menggunakan dan memanfaatkan metode tersebut. Akibatnya para siswa merasa sulit dan memerlukan waktu yang lama untuk memahami materi pelajaran yang diajarkan.
Atas dasar hal tersebut dimungkinkan karena kurang termotivasinya siswa yang disebabkan guru tidak menggunakan metode yang kurang menarik perhatian siswa dalam menyampaikan materi pelajarannya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan peneli tian dengan mencoba menggunakan metode demonstrasi dalam penyampaian materi Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V SDN ………………….kelas V semester 2 tahun ajaran 2011/2012. Dengan harapan dapat mempermudah komunikasi antara guru dengan siswa dalam proses mengajar, dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SDN …………………..
Seorang siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Alam dikatakan kurang berhasil apabila perubahan tingkah laku yang terjadi belum mampu menentukan kebijaksanaannya untuk mencapai suatu hasil yang telah ditetapkan secara tepat dalam waktu yang telah ditentukan. Untuk mencapai suatu hasil belajar yang maksimal, banyak aspek yang mempengaruhinya, di antaranya aspek guru, siswa, metode pembelajaran dan lain-lain.
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam adalah pelajaran yang mengajarkan berbagai pengetahuan yang dapat mengembangkan daya nalar, analisa, sehingga hampir semua persoalan yang berkaitan dengan alam dapat dimengerti. Untuk dapat mengerti Ilmu Pengetahuan Alam secara luas, maka harus dimulai dengan kemampuan pemahaman konsep dasar yang ada pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berhasil atau tidaknya seorang siswa dalam memahami tentang pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sangat ditentukan oleh pemahaman konsep.
Mengingat pentingnya Ilmu Pengetahuan Alam dalam berbagai bidang kehidupan manusia, maka perlu diperhatikan mutu pengajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang di ajarkan di tiap jenjang dan jenis pendidikan. Untuk mendapatkan pengetahuan tentang Ilmu Pengetahuan Alam , maka siswa harus menempuh proses belajar mengajar yang baik. Belajar akan lebih berhasil bila telah diketahui tujuan yang ingin dicapai. Salah satu cara untuk memperoleh pengetahuan Ilmu Pengetahuan Alam yang baik dan untuk mengatasi berbagai kelemahan dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Yang di maksud dengan Metode Demonstrasi ialah suatu upaya atau praktek dengan menggunaka peragaan yang di tujukan pada siswa yang tujuannya ialah agar supaya semua sisiwa lebih mudah dalam memahami materi pembelaran.
B. Rumusan Masalah
Berdasar latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka masalah yang akan diteliti dapat dirumuskan sebagai berikut “Apakah dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN ………………….Tahun Pelajaran 2012/2012. Secara khusus masalah dalam penelitian ini, yaitu:
1. Apakah penggunaan metode demonstrasi pada materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN ………………….semester 2 tahun pelajaran 2011/2012?
2. Apakah penggunaan metode demonstrasi dalam penyajian atau penyampaian materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa kelas V SDN ………………….Semester 2 tahun pelajaran 2011/2012?

C. Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan diatas maka peneliti mengambil tujuan dari penelitian ini adalah:
1. Mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi pada materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN ………………….semester 2 tahun pelajaran 2011/2012?
2. Mendeskripsikan penggunaan metode demonstrasi dalam penyajian atau penyampaian materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa kelas V SDN ………………….Semester 2 tahun pelajaran 2011/2012?